Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo pada materi ekosistem kelas X SMA negeri 16 Semarang

Lestari, Atsni Wahyu (2017) Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo pada materi ekosistem kelas X SMA negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 11) skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
11) skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Upaya pengembangan modul biologi berbasis kearifan lokal
masih belum banyak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Salah
satu sekolah yang belum menggunakan modul mata pelajaran biologi
yang berbasis kearifan lokal ialah SMA Negeri 16 Semarang.SMA Negeri
16 Semarang pada tahun 2016 telah memperoleh penghargaan sebagai
sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah yang mampu menerapkan kepedulian
terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya sebagai
sekolah berwawasan kepedulian terhadap lingkungan diperlukan
adanya modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal sekitar
untuk dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Salah satu upaya
mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan modul
ekosistem berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo. Dari
penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber belajar peserta didik,
mampu memberikan nilai-nilai kearifan lokal kepada peserta didik,
serta sebagai upaya menjaga kelestarian tradisi alam sekitar. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan modul
materi ekosistem yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan
dengan metode Research and Development, mengacu pada model 4-D
(define, design, develop, dan dessiminate) Thiagarajan. Hasil
pengembangan sangat layak digunakan delam pembelajaran, hal
tersebut berdasarkan pada penilaian kualitas modul oleh ahli materi
dengan presentase sebesar 84,54%, ahli media dengan presentase
sebesar 93.34%, guru mata pelajaran biologi dengan presentase sebesar
90,23%, dan menurut tanggapan peserta didik dengan presentase
sebesar 97,2%. keefektivan modul pembelajaran biologi berbasis
kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo pada materi ekosistem kelas
X di SMA Negeri 16 Semarang mempunyai rata-rata hasil belajar
eksperimen dengan menggunakan modul adalah 81,105 dan kelas
kontrol yang tidak menggunakan modul dalam pembelajaran adalah
vii
67,778. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 7,823 dan ttabel=
1,993, karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa Penggunaan modul pembelajaran biologi
berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo pada materi
ekosistem terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 2 di
SMA Negeri 16 Semarang dengan nilai efektif sebesar 1,7 yang memilikikategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran biologi; Kearifan lokal; Ekosistem
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:41
Last Modified: 06 Jun 2018 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7848

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics