Pengembangan bahan ajar matematika berbasis cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP/MTs tahun pelajaran 2015/2016
Hanif Falah, Khoerul (2017) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP/MTs tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Binder1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan 1) untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar matematika berbasis cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP/MTs tahun pelajaran 2016/2017; 2) mengetahui kelayakan bahan ajar matematika berbasis cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP/MTs tahun pelajaran 2016/2017.
Kajian ini dilatar belakangi bahan ajar yang digunakan dalam kelas hanya buku paket yang ditetapkan oleh sekolah dan bahan ajar itu masih membosankan serta kurang menarik minat siswa, bahan ajar yang ada masih bersifat penekanan pada penyampaian materi dengan rumus-rumus dan soal evaluasi kurang menekankan pada aspek kontekstual, proses pembelajaran di kelas masih terbiasa belajar secara pasif dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, belum adanya nilai-nilai pendidikan karakter di dalam bahan ajar yang digunakan, nilai rata-rata pada materi SPLDV masih dibawah KKM.
Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan desain pengembangan Sugiyono yaitu potensi/masalah, pengumpulan data, desain produk, uji ahli, revisi produk, uji terbatas, revisi produk, uji luas, evaluasi dan penyempurnaan, produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian pengembangan yakni 1) telah dikembangkan dan dihasilkan bahan ajar matematika berbasis cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual pada materi Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cergam Berkarakter dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi SPLDV untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017.
vi
SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP/MTs tahun pelajaran 2016/2017; 2) penilaian kelayakan bahan ajar ini berdasarkan hasil validitas, kepraktisan, dan efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan. a) Hasil uji validitas oleh uji ahli bahan ajar dan ahli materi berada pada tingkatan sangat baik dengan nilai masing-masing sebesar 3,84 dan 3,52. b) Hasil uji kepraktisan atau respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar berada pada tingkatan sangat baik dengan nilai masing-masing sebesar 3,76 dan 3,51. c) Hasil uji keefektifitasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 74,72 dan 66,06 Berdasarkan perhitungan uji t dengan . Dengan taraf signifikan maka diperoleh dan . Hal tersebut menunjukkan bahwa sehingga bahan ajar efektif terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar; Matematika; Pendidikan karakter; Pembelajaran kontekstual |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 06:15 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 06:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7859 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year