Efektivitas strategi pembelajaran heuristik Krulik Rudnick dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kecamatan Ungaran Barat tahun ajaran 2016/2017

Oktavianasari, Argianti (2017) Efektivitas strategi pembelajaran heuristik Krulik Rudnick dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kecamatan Ungaran Barat tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133511041.pdf]
Preview
Text
133511041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan berpikir aljabar peserta didik di MTs Miftahul Khoirot Branjang masih rendah karena kesulitan melakukan operasi hitung aljabar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran heuristik krulik rudnick dengan pendekatan saintifik pada kelas eksperimen lebih efektif digunakan dibanding penggunaan metode ceramah pada kelas kontrol terhadap kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan taknik sampling jenuh dan diperoeh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Selanjutnya data yang diperoleh, dianalisis dan didapatkan hasil rata-rata skor kemampuan berpikir aljabar peserta didik kelas eksperimen =50.87 dan kelas kontrol =46.40. Hasil uji hipotesis pada α=5% diperoleh t_hitung=0.948 dan t_tabel=1.67 sehingga t_hitung<t_tabel artinya: 1) rata-rata kemampuan berpikir aljabar peserta didik kelas eksperimen tidak lebih baik dari kelas kontrol, 2) penggunaan strategi pembelajaran heuristik krulik rudnick dengan pendekatan saintifik kurang efektif terhadap kemampuan berpikir aljabar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Miftahul Khoirot Branjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran heuristik; Pendekatan saintifik; Kemampuan berpikir matematis; Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:31
Last Modified: 28 Jun 2018 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics