Implementasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Pokok Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal Tahun Ajaran 2012-2013
Malik, Abdul (2013) Implementasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Pokok Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal Tahun Ajaran 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711001_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (124kB) | Preview
083711001_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
083711001_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (270kB) | Preview
083711001_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (94kB) | Preview
083711001_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (341kB) | Preview
083711001_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
083711001_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kimia menggunakan pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi.2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran kimia materi pokok laju reaksi dengan pembelajaran berbasis multipel representasi.
Dari hasil wawancara peneliti kepada guru mata pelajaran kimia, siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga daya pikir peserta didik kurang berkembang. Penerapan metode ceramah menghasilkan dampak yang kurang baik pada taraf berpikir dan belajar siswa untuk menemukan konsep, mengembangkan pengetahuan, serta kurang terlatih untuk mengembangkan daya nalarnya untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajarinya dalam memecahkan permasalahan yang dijumpai. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkanhasil belajar, dan pemahaman konsep serta keaktifan siswa.
Subyek penelitian adalah siswakelas XI IPA SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil pengamatan untuk kemampuan hasil belajar pada siswaSMA NU 01 Al-Hidayah Kendaldalam pembelajaran kimia materi pokok laju reaksi belum baik. Hal initerlihatpadasiklus I, akantetapipadasiklus II hasil belajar siswamulaiterlihatadanya peningkatan yang baiksehinggasiswadapatmemahami pembelajaran dengan multipel representasi yang dituangkandalamhasilbelajar.
Hasil yang didapat dari pembelajaran dengan multipel representasi, pada siklus I rata-rata belajar siswa65,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,22%.Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswamengalami peningkatan yaitu sebesar 70,22 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,88% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi pokok laju reaksi meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran; Multipel Representasi; Laju Reaksi; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 11 Dec 2013 05:31 |
Last Modified: | 11 Dec 2013 05:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/816 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year