Efektifitas metode role playing berbantu media game peti soal harta karun terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita peserta didik matapelajaran matematika kelas V di MI Miftahul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2016/2017

Ihza, Risa Qismatil (2017) Efektifitas metode role playing berbantu media game peti soal harta karun terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita peserta didik matapelajaran matematika kelas V di MI Miftahul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911015.pdf]
Preview
Text
133911015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (999kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama pada penelitian yang berjudul “Efektifitas Metode Role Playing Berbantu Media Game Peti Soal Harta Karun Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik” adalah :apakah metode role playing berbantu media game peti soal harta karun efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dilakukan di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan sampel sebanyak 55 peserta didik, 26 di kelas eksperimen dan 29 di kelas kontrol..
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Matematika di MI Miftahul Akhlaqiyah yang cenderung teacher centered sehingga peserta didik pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru serta peserta didik masih mengalami kesulitan-kesulitan dalam materi penyelesaian masalah pecahan, diantaranya sebagian peserta didik belum mampu memahami persoalan soal ceita dan kurangnya pengetahuan bagaimana prosedur dalam menyelesaikan soal cerita. Guru hanya menerangkan konsep-konsep yang ada pada buku ajar dan memberikan tugas untuk dikerjakan oleh peserta didik tanpa melihat sejauh mana peserta didik memahami materi pembelajaran. Sehingga peneliti tertarik menerapkan Metode Role Playing Berbantu Media Game Peti Soal Harta pada proses pembelajaran pecahan di MI Miftahul Akhlaqiyah.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan dan skala kelas eksperimen adalah 67,50. Sedangkan pada pada kelas kontrol adalah 62,867. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung= 1,688 dan ttabel= 2,006 pada taraf signifikansi (α) 5% dan dk = (n1+n2-2) = 54. Diketahui bahwa, thitung < ttabel, maka perbedaan rata-rata tersebut tidak signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode role playing berbantu media game peti soal harta karun tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Role playing; Media pembelajaran; Pemecahan masalah; Soal cerita; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:35
Last Modified: 05 Jun 2021 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics