Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi gelombang elektromagnetik kelas X di MA Hidayatus Syubban terhadap hasil belajar siswa

Syafa'ati, Daniah (2018) Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi gelombang elektromagnetik kelas X di MA Hidayatus Syubban terhadap hasil belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Fisika saat ini seakan berdiri sendiri tanpa dikaitkan dengan pengetahuan agama, menjadikan rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam terhadap hasil belajar kognitif siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol siswa MA Hidayatus Syubban kelas X materi gelombang elektromagnetik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam materi gelombang elektromagnetik dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi dan wawancara. Data hasil pretest digunakan untuk menguji normalitas dan homogenitas, sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam materi gelombang elektromagnetik efektif digunakan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Hidayatus Syubban dengan thitung = 11,87 > ttabel = 2,05, maka Ha diterima, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 58%. Dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan thitung = 2,49 > ttabel = 1,67 maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Buku ajar; Fisika; Integrasi Sains dan Islam; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:24
Last Modified: 17 Dec 2021 10:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8439

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics