Pengaruh penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Kendal tahun ajaran 2016/2017

Pujiyanti, Arik (2017) Pengaruh penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Kendal tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Kendal menggunakan modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan energi serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang hampir sama dengan desain pretest-posstest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Rata-rata nilai siswa setelah diberi perlakuan menggunakan modul fisika berbasis kearifan lokal lebih tinggi yaitu 87,59 dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan yaitu 79,33. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 4,130 dan ttabel = 2,002 karena thitung > ttabel, maka hipotesis pengaruh penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Kendal yang diajukan dapat diterima. Rata-rata N-Gain tingkat pengaruh kelas eksperimen memperoleh 0,52 memiliki pengaruh berada pada kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh 0,27 memiliki pengaruh berada pada kategori rendah. Respon siswa terhadap penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal memperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 84,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis kearifan lokal memberikan pengaruh yang baik ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dan memberikan respon positif terhadap penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Modul pembelajaran; Kearifan Lokal; Pembelajaran fisika; Energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:13
Last Modified: 15 Oct 2018 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics