Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Materi Aqidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas XI MAN II Pati (Penelitian Tindakan Kelas di MAN II Pati)
Istafa, Nana (2010) Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Materi Aqidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas XI MAN II Pati (Penelitian Tindakan Kelas di MAN II Pati). Masters thesis, IAIN Walisongo.
Istafa_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (57kB) | Preview
Istafa_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (121kB) | Preview
Istafa_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (536kB) | Preview
Istafa_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (81kB) | Preview
Istafa_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Istafa_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Istafa_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (8kB) | Preview
Istafa_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Mata pelajaran aqidah akhlak adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertujuan agar peserta didik menegenal, memahami dan menghayati bagaimana berperilaku yang baik, yang akhirnya diaplikasikan dalam sebuah kehidupan. Pembelajaran aqidah akhlak di MAN II Pati pada kelas XI, ditemukan beberapa permasalahan yaitu proses belajar mengajar selama ini masih cenderung menggunakan metode ceramah dan belum divariasikan dengan metode lain. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah, di samping itu aktivitas belajar peserta didik juga tidak terlihat dalam proses belajar mengajar.
Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas demi meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan menerapkan strategi pembelajaran role playing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi role playing dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran aqidah akhlak.
Berdasarkan indicator keberhasilan tindakan yang ditentukan dari 3 siklus penelitian yaitu hasil belajar peserta didik batas keberhasilan (85%) dari seluruh siswa yang telah mencapai keberhasilan individual (skor 65). Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing mengalami peningkatan, dilihat dari pre test dengan menggunakan ulangan harian prosentase keberhasilan peserta didik sebesar 22,5% (9 peserta didik yang tuntas belajar). Pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 25% (10 peserta didik yang tuntas belajar), Sedangkan pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat menjadi sebesar 67,5% (27 peserta didik yang tuntas belajar). Dan yang terakhir yaitu siklus III keberhasilan belajar peserta didik mencapai 95% (38 peserta didik yang tuntas belajar). Selain prestasi belajar yang meningkat dari tiap siklus, aktivitas belajar peserta didik juga mengalami perubahan setelah diterapkannya metode role playing ini, yakni dilihat dari siklus I sebesar 44%, kemudian untuk siklus II mengalami peningkatan 62%, dan untuk siklus III sebesar 89%. Dilihat dari uraian di atas dapat dijelaskan bahwa, tindakan yang dilakukan setiap siklus dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran aqidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing; Prestasi Belajar; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Dec 2013 07:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2013 07:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/847 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year