Respon masyarakat terhadap reklame sebagai media sosialisasi Ayo Mengaji : studi kasus di Kelurahan Bintoro Demak
Fatimah, Siti (2018) Respon masyarakat terhadap reklame sebagai media sosialisasi Ayo Mengaji : studi kasus di Kelurahan Bintoro Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Reklame merupakan bagian dari media cetak yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak umum. Penempatan reklame berada di jalan-jalan umum yang strategis mudah dibaca masyarakat. Perkembangan reklame yang ada di Indonesia tidak hanya berupa reklame yang bertujuan untuk memasarkan produk, tetapi juga reklame yang berupa iklan layanan masyarakat. Dari sekian banyak reklame iklan layanan masyarakat salah satunya adalah Reklame Gerakan Ayo Mengaji yang berada di Kabupaten Demak. Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan respon masyarakat di kelurahan Bintoro terhadap reklame sebagai media sosialisasi Ayo Mengaji. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori SOR kepanjangan dari Stimulus-Organism-Respons menerangkan bahwa efek yang muncul tergantung pada proses yang terjadi pada individu, dimana pesan yang tersampaikan mungkin diterima atau ditolak. Komunikasi sendiri berlangsung jika ada perhatian dari komunikan, lalu komunikan mengerti dan mengolah serta menerimanya, maka munculah efek dengan wujud kesediaan merubah sikap. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan teknik snowball sampling. Snowball sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan memilih satu informan kemudian membuat jaringan yang lebih luas guna memperoleh data penelitian yang jenuh. Fokus penelitian pada respon masyarakat di kelurahan Bintoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa respon masyarakat di Kelurahan Bintoro Kecamatan Demak Kabupaten Demak terhadap reklame Ayo Mengaji secara aspek kognitif, afektif, konatif adalah positif. Kognitif dibuktikan dari masyarakat yang semula tidak mengetahui adanya reklame “Ayo Mengaji” menjadi lebih tahu, sedangkan aspek afektif adalah mengenai perasaan masyarakat yang suka atau tidak suka terhadap reklame “Ayo Mengaji”, dan yang terakhir yaitu aspek konatif dibuktikan dalam bentuk perilaku masyarakat di kelurahan Bintoro yang membaca Alquran setelah salat Magrib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reklame; Sosialisasi pendidikan Islam; Mengaji |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Fitria Nuraini |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 01:10 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 01:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8478 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year