Pengaruh kualitas pelayanan pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Dana li Mardhatillah (Damar) Semarang terhadap tingkat kepuasan anggota

Fauziyyah, Firda Rini (2018) Pengaruh kualitas pelayanan pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Dana li Mardhatillah (Damar) Semarang terhadap tingkat kepuasan anggota. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasaan anggota di KSPPS BMT Damar Semarang. Adapun permasalahan dalam penelitian skripsi ini yakni Bagaimana pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan anggota di KSPPS BMT Damar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif antar regresi. Jumlah responden adalah 100 anggota KSPPS BMT Damar Semarang dengan menggunakan teknik sample random sampling. Hipotesis yang diajukuan pada penelitian ini yakni ada pengaruh kualitas pelayanan pada KSPPS BMT Damar semarang terhadap tingkat kepuasan anggota. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni variabel X kualitas pelayanan (variabel independen) dan variabel Y kepuasan anggota (variabel dependent). Kualitas pelayanan berfokus pada 5 dimensi yakni: bukti fisik, daya tanggap, empati, jaminan dan keandalan. Sedangkan kepuasan anggota berfokus pada 3 dimensi yakni: sesuai harapan, evaluasi pasca konsumsi/transaksi dan komitmen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang disebar pada para responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa deskripsi data pada masing-masing variabel diketahui variabel kualitas pelayanan KSPPS BMT Damar Semarang sebanyak 14 responden (14%) termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak 75 responden 75% termasuk dalam kategori sedang, dan sebanyak 11 responden (11%) dalam kategori rendah. Sedangkan variabel tingkat kepuasan anggota KSPPS BMT Damar Semarang sesuai analisa data sebanyak 16 responden (16%) termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak 74 responden 74% termasuk dalam kategori sedang, dan sebanyak 10 responden (10%) dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (variabel X) dengan kepuasan anggota (variabel Y) yang ada di KSPPS BMT Damar, Semarang. Hasil Uji F (simultan) didapatkan nilai F hitung adalah 246,887 dengan nilai F tabel (5%) adalah 3,94. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fhitung ˃ Ftabel, ini artinya ada pengaruh simultan terhadap variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasaan anggota KSPPS BMT Damar Semarang. Analisis akhir dari nilai koefisiensi determinasi yang digunakan untuk memprediksi seberapa besar kontribusi pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan anggota. Dengan persamaan regresi Y= 7,749 + 0,438 X. Berdasarkan persamaan tersebut, memiliki arti jika kualitas pelayanan ditingkatkan 0,438, maka akan meningkatkan kepuasan anggota KSPPS BMT Damar, sebesar nilai konstanta 7,749 ditambah 0,438 dikalikan nilai variabel tingkat kualitas pelayanan KSPPS BMT Damar. Berdasarkan hasil output model summary, besarnya angka R Square adalah 0,716 sama dengan 71,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa kualitas pelayanan memberikan sumbangan terhadap kepuasan pada anggota KSPSS BMT Damar Semarang sebesar 71,6%. Sedangkan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model faktor ini. Faktor tersebut misalnya yakni: 1). Faktor kepercayaan, 2). Faktor kesehatan keuangan BMT, dan 3). Faktor Iklim Kerja/organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Kepuasan; Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 22 Nov 2018 05:34
Last Modified: 23 May 2021 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8600

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics