Pengembangan modul pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan kelas VII MTs berbasis unity of sciences
Umroh, Siti Mukholifatul (2017) Pengembangan modul pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan kelas VII MTs berbasis unity of sciences. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (18MB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasarkan pada masalah dikotomi ilmu yang berimbas pada anggapan peserta didik mengenai ilmu sains (termasuk matematika) dan ilmu agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis Unity of sciences. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-A MTs Hasyim Asy’ari Bangsri yang berjumlah 37 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya modul berbasis Unity of sciences yang dikembangkan mengikuti model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Modul ini diuji kevalidannya oleh tiga dosen pendidikan matematika UIN Walisongo Semarang dan satu guru MTs Hasyim Asy’ari Bangsri, dan memperoleh rata-rata persentase 85% dengan kategori cukup valid dan perlu dilakukan sedikit revisi. Hasil kepraktisan modul diperoleh dari penilaian tanggapan peserta didik dan guru yang memperoleh rata-rata nilai 3,3 dan 3,2 dari skor maksimal 4 dengan kategori baik, sehingga modul praktis untuk digunakan. Penilaian aspek kognitif peserta didik untuk menyatakan keefektifan modul, diperoleh dari nilai Pretest dan Posttest yang dianalisis dengan n-gain, dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,63 dari skor maksimal 1 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan kelas VII MTs berbasis Unity of sciences memiliki kualitas yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Himpunan; Unity of sciences; Islam dan sains |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 07:49 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8638 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year