Pengaruh kemampuan pemahaman konsep bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan harta waris pada mata pelajaran faroidh kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017
Riskon, M. (2017) Pengaruh kemampuan pemahaman konsep bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan harta waris pada mata pelajaran faroidh kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (23MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor internal peserta didik yang sangat berpengaruh dalam kemampuan menyelesaikan harta waris yaitu kemampuan pemahaman konsep bilangan. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori menurut NCTM dan Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MAS Simbang Kulon. Sampel penelitian sebanyak 37 peserta didik kelas XI-MIA 3 yang diambil dari teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian ini adalah: Ada pengaruh kempuan pemahaman konsep bilangan terhadap kemampuan menyelesaikan harta waris, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,492 pada taraf signifikan 5% dan koefisien determinasi 0,368. Hal ini menunjukkan bahwa 24,2% kemampuan menyelesaikan harta waris dipengaruhi oleh kemampuan pemahaman konsep bilangan dengan persamaan Y ̂=60,247+0,195 X. Artinya masih tetap diperoleh skor kemampuan menyelesaikan harta waris sebesar 60,247 tanpa dipengaruhi oleh variabel X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep bilangan; Bilangan pecahan; Harta waris; Faraid |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 07:58 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 07:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8641 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year