Representasi syaja’ah dalam Iklan Aqua dengan tema bagaikan air

Muqtafin, Achmad (2018) Representasi syaja’ah dalam Iklan Aqua dengan tema bagaikan air. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

“Bagaikan Air” adalah salah satu tema dalam iklan Aqua yang diproduksi tidak hanya untuk tujuan komersil tapi juga untuk mengajak khalayak melakukan kebaikan kepada sesama. Nilai-nilai yang terkadung di dalam tema iklan ini menurut peneliti sangat menarik dan akan bermanfaat untuk banyak orang jika bisa dikaji lebih dalam. “Bagaikan Air” dipilih karena menurut pihak AQUA tema ini sesuai dengan sifat kebaikan yang terus mengalir bagaikan air. Kebaikan tidak akan berhenti begitu saja, asalkan terus ada orang-orang baik yang mau mengalirkan kebaikan tersebut untuk yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerangkan lebih dalam sifat syaja’ah yang terkandung dalam iklan AQUA dengan tema “Bagaikan Air”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika yang menjelaskan melalui struktur-struktur konseptual. tidak hanya menfokuskan penelitian terhadap tanda yang tersurat, namun juga untuk mengetahui makna tanda yang tersirat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video iklan AQUA dengan tema Bagaikan Air. Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat syaja’ah yang muncul dalam iklan AQUA dengan tema “Bagaikan Air” terbentuk dari beberapa faktor yaitu, Al iman bil ghaib (Iman kepada yang ghaib), Al mujahadah ala al khauf (Menaklukkan rasa takut), Taurits Al Khairiyah (Mewariskan hal yang terbaik), As shabru ala ath tha’ah (Bersabar terhadap ketaatan), dan Al ajru min Allah (Berharap balasan dari Allah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Syaja’ah; Iklan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 15 Dec 2018 03:21
Last Modified: 15 Dec 2018 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics