Pengaruh Aktivitas Penggunaan Metode Question Student Have terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Pokok Memahami Arti Surah Pendek (At-Takatsur) Kelas V Semester I MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013

Syafi’i, Akhmat (2013) Pengaruh Aktivitas Penggunaan Metode Question Student Have terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Pokok Memahami Arti Surah Pendek (At-Takatsur) Kelas V Semester I MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911017_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911017_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 083911017_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911017_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 083911017_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911017_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 083911017_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911017_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 083911017_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911017_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 083911017_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911017_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 083911017_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911017_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah aktivitas penggunaan metode Question Student Have berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi pokok memahami arti surah pendek (At-Takatsur) kelas V semester I MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013 ? Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang pada kelas V dengan populasi seluruh peserta didik kelas V A dan V B yang berjumlah 46. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, dokumentasi, observasi dan metode tes. Data yang diperoleh diolah dengan analisis Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan uji hipotesis: (1) Diperoleh nilai Fh = 21.375 dan Ft = 4.06 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti Fh > Ft yang berarti signifikan dan rh = 0.572, yang bermakna kekuatan hubungan antara variabel X dengan Y1 termasuk dalam kategori sedang. Besar sumbangan variabe X terhadap Y1 diperoleh nilai sebesar 32,7. Pada uji T di diperoleh nilai th = 4.623, dan tt = 2.021 dengan taraf signifikansi 5%, dapat dinyatakan th > tt, yang berarti signifikan. Hasil analisis regresi diperoleh nilai koefisien regresi untuk variabel X = 0.792 dengan konstanta = 10.665 sehingga persamaan regresinya adalah: Y1 = 10.665 + 0.792X. (2) Diperoleh nilai Fh = 10.698 dan Ft = 4.06 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti Fh > Ft yang berarti signifikan dan nilai rh = 0.442, yang bermakna kekuatan hubungan variabel X dengan Y2 termasuk dalam kategori sedang. Besar sumbangan (konstribusi) variabel X terhadap Y2 sebesar 19.6%. Hasil uji T diperoleh nilai t = 3.271, dan tt = 2.021 dengan taraf signifikansi 5%, dapat dinyatakan th > tt, yang berarti signifikan. Hasil analisis regresi diperoleh nilai koefisien regresi untuk variabel X sebesar 1.076 dengan konstanta sebesar 13.610 sehingga persamaan regresinya adalah: Y2 = 13.610 + 1.076X. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas penggunaan metode Question Student Have berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi pokok memahami arti surah pendek (At-Takatsur) kelas V semester I MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Question Student Have; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Qur'an Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 05:53
Last Modified: 13 Dec 2013 05:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics