Problem dan Solusi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Bangkit Ngaliyan 2012/2013
Aisah, Siti (2012) Problem dan Solusi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Bangkit Ngaliyan 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
083111175_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083111175_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
083111175_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (214kB) | Preview
083111175_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
083111175_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (188kB) | Preview
083111175_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
083111175_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang problem dan solusi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan latar belakang Sekolah Kejar Paket C hanya berorientasi pada ijazah dan kebanyakan yang mengikuti orang-orang yang tidak lulus dari sekolah formal. Dan pelaksanaannya tidak sesuai denga prosedur yang ada.
Rumusan masalah. (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Bangkit Ngaliyan 2012/2013? (2) Apa saja problematika pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Bangkit Ngaliyan 2012/2013? (3) Bagaimana upaya/solusi untuk mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI pada Lembaga Pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Bangkit Ngaliyan 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menujukan bahwa adanya beberapa problematika yang ditemui dalam pembelajaran PAI (1) Kurangnya jam mata pelajaran. (2) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam (3) Kurangnya media pembelajaran (4) Profesionalitas tutor yang mengajar tidak sesuai dengan keahlian serta penugasannya. (5) Heterogenitas pengetahuan agama siswa mengingat perbedaan latarbelakang pendidikan siswa. Sedangkan solusi untuk mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran PAI adalah sebagai berikut: (1) pemanfaatan waktu secara maksimal oleh tutor. (2) tutor harus mengerti kondisi psikis siswa sehingga tidak ada kesalahan dalam penerapan metode. (3) Penyelenggara maupun pengajar/tutor menciptakan kondisi yang menyenangkan sehinggan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan siswa.(4) Guru perlu dilakukan perlatihan-perlatihan berkala yang menyangkut kemampuan dan penguasaan materi maupun metode pelajaran (5) Menerapkan manajemen konflik, mengadakan musyawarah yang dapat memberikan arah baru cara pandang yang sama terhadap pendidikan Islam.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Juga semua pihak yang membutuhkan khususnya Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Kejar Paket C |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 02:29 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 02:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/885 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year