Pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi carter di perbankan syariah terhadap kepuasan nasabah : studi kasus pada nasabah tabungan FAEDAH BRI Syariah KCP Majapahit Semarang

Fitriani, Kiki Nurul (2018) Pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi carter di perbankan syariah terhadap kepuasan nasabah : studi kasus pada nasabah tabungan FAEDAH BRI Syariah KCP Majapahit Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026192_Kiki Nurul Fitriani_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026192_Kiki Nurul Fitriani_lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsep kepuasan konsumen/nasabah sangat diperlukan dalam persaingan bisnis, dengan perbaikan kualitas pelayanan, maka kepuasan konsumen akan meningkat yang mempunyai efek positif, salah satunya adalah berupa pernyataan kepuasan konsumen kepada relasi atau keluarganya (word of mouth) yang akan meningkatkan citra perusahaan, yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Bank syariah sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus senantiasa meningkatkan kualitas pelayananya yang meliputi bagaimana penerapan CARTER, yaitu Compliance (kepatuhan), Assurance (jaminan), Reliability (keandalan), Tangibles (wujud fisik), Empathy (kepedulian) dan Responsiveness (daya tanggap) yang diberikan bank. Kualitas pelayanan sangat penting bagi keberlangsungan bank, karena pelayanan merupakan faktor yang dirasakan langsung oleh nasabah, apakah pelayanannya baik atau tidak. Adapun metodologi penelitian ini adalah: Jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan pada nasabah tabungan Faedah. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampel purposive ditemukan 100 sampel. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis yaitu uji pengaruh simultan (Uji F), koefisien determinasi dan uji pengaruh parsial (Uji t). Data diolah menggunakan SPPS 16 for windows. Dari hasil pengolahan data diperoleh regresi linier berganda Y = - 4.111 + 0.182X1 + 0.195X2 + 0.139X3 + 0,178X4 + 0,260X5 + 0,269X6 Besarnya pengaruh CARTER terhadap kepuasan nasabah sebesar 63,2%. Dari perhitungan uji secara simultan diperoleh F hitung sebesar 29,319 (nilai sig 0,000 < 0,05) yang berarti secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara CARTER terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan pada hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel compliance, assurance, tangibles, emphaty dan responsiveness berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan Faedah, dan variabel reliability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan faedah BRI Syariah KCP Majapahit Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Kepuasan nasabah; Bank syariah; Dimensi carter
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:13
Last Modified: 19 Jul 2021 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics