Analisis perilaku preferensi nasabah bank syariah dalam menggunakan jasa layanan setor tunai : studi kasus pada bank syariah di Kota Semarang

Putri, Retnandi Meita (2018) Analisis perilaku preferensi nasabah bank syariah dalam menggunakan jasa layanan setor tunai : studi kasus pada bank syariah di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026113_Retnandi Meita Putri_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605026113_Retnandi Meita Putri_lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Industri perbankan syariah mengalami perkembangan dengan jumlah kantor yang semakin banyak. Namun kualitas layanan termasuk teknologi yang digunakan perbankan syariah belum sebaik dan secanggih perbankan konvensional. Teknologi yang masih tertinggal tersebut adalah branchless banking berupa ATM Setor Tunai. Hampir semua bank konvensional memiliki fasilitas ATM Setor Tunai. Namun hanya beberapa bank syariah yang memiliki fasilitas tersebut. Maka diperlukan penelitian mengenai perilaku preferensi nasabah bank syariah dalam menggunakan jasa layanan setor tunai untuk mengetahui nasabah bank syariah lebih cenderung memilih menggunakan ATM Setor Tunai atau Teller dan faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi tersebut. Melalui hasil penelitian ini bank syariah dapat mengambil kebijakan mengenai pengembangan layanan setor tunai yang dibutuhkan oleh nasabah bank syariah dan kebijakan lainnya agar bank syariah tidak semakin ketinggalan dengan bank konvensional. Variabel yang digunakan untuk mengukur perilaku preferensi jasa layanan setor tunai adalah reliability (keandalan), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik), motivasi, dan pendapatan. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi logistik. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah bank syariah di Kota Semarang yang pernah menggunakan ATM Setor Tunai dan Teller. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah bank syariah lebih memilih menggunakan ATM Setor Tunai daripada Teller. Variabel reliability (keandalan) memiliki pengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah bank syariah dalam menggunakan jasa layanan setor tunai melalui ATM Setor Tunai dan Teller. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05. Variabel assurance (jaminan) memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05. Variabel motivasi memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 lebih kecil dari 0.05. Variabel pendapatan memiliki pengaruh secara signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 lebih kecil dari 0.05. Sedangkan variabel tangible (bukti fisik) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah bank syariah dalam menggunakan jasa layanan setor tunai melalui ATM Setor Tunai dan Teller. Nilai signifikansi variabel tangible sebesar 0,294 lebih besar dari 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Layanan perbankan; Bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:39
Last Modified: 23 Jul 2021 06:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9000

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics