Pengaruh Bauran Promosi dan Citra Merek Syariah terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah di BPRS Mitra Harmoni Semarang

Amalia, Faza (2013) Pengaruh Bauran Promosi dan Citra Merek Syariah terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah di BPRS Mitra Harmoni Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 082411096_coverdll.pdf]
Preview
Text
082411096_coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bab1.pdf]
Preview
Text
082411096_bab1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bab2.pdf]
Preview
Text
082411096_bab2.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bab3.pdf]
Preview
Text
082411096_bab3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bab4.pdf]
Preview
Text
082411096_bab4.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bab5.pdf]
Preview
Text
082411096_bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bibliografi.pdf]
Preview
Text
082411096_bibliografi.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 082411096_bibliografi.pdf]
Preview
Text
082411096_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bank syariah yang semakin pesat menyebabkan persaingan yang ketat antar bank-bank syariah maupun bank konvensional. Langkah yang dapat diambil agar tetap bertahan di era persaingan yang semakin ketat adalah dengan menyusun strategi bauran promosi yang bagus dan semenarik mungkin dan membangun citra merek syariah yang sesuai dengan aturan-aturan islam sehingga hal itu dapat menarik minat dan daya tarik pembeli untuk menggunakan produk tersebut. Dalam penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh bauran promosi dan citra merek syariah terhadap minat nasabah pembiayaan murabahah di BPRS Mitra Harmoni Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran promosi dan citra merek syariah baik secara parsial atau simultan terhadap minat nasabah pembiayaan murabahah di BPRS Mitra Harmoni Semarang.
Setelah penelitian ini dilakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, diantaranya adalah memberikan masukan dan informasi terhadap praktisi perbankan syariah, terutama manager pemasaran dalam menentukan kebijakan untuk menggunakan bauran promosi yang paling efektif dan citra merek syariah guna merekrut nasabah untuk menggunakan pembiayaan murabahah di BPRS Mitra Harmoni Semarang.
Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (Probability Sampling). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 17.0 for windows menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (bauran promosi dan citra merek syariah) terhadap variabel dependen (minat nasabah) sebesar 72,4%, sedangkan yang 27,6% sisanya dijelaskan oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini berarti sangat besar sekali kemampuan variabel bauran promosi dan citra merek syariah dalam menerangkan variabel minat nasabah.
Hasil uji empiris tentang pengaruh antara bauran promosi terhadap minat nasabah, menunjukkan nilai t hitung 7.044 dan p value (sig) sebesar 0.000 dibawah 5%. Artinya bahwa bauran promosi berpengaruh terhadap minat nasabah. Sedangkan pengaruh antara citra merek syariah terhadap minat nasabah menunjukkan nilai t hitung 7.654 dan p value (sig) sebesar 0.000 dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah nilai alpha. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek syariah terhadap minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi; Citra Merek Syariah; Pembiayaan Murabahah; Bank Perkreditan Rakyat Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 13 Dec 2013 04:07
Last Modified: 20 Nov 2021 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics