Pengaruh Label Halal dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah
Ratnawati, Ida (2013) Pengaruh Label Halal dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
082411100_coverdl.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
082411100_bab1.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
082411100_bab2.pdf - Accepted Version
Download (169kB) | Preview
082411100_bab3.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
082411100_bab4.pdf - Accepted Version
Download (220kB) | Preview
082411100_bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
082411100_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Ketatnya persaingan bisnis industri kosmetik menuntut perusahaan untuk lebih mengetahui hak-hak konsumen, yaitu meningkatkan produk-produk kosmetik yang bermutu dan aman, serta diperlukan usaha salah satunya dengan melakukan kegiatan periklanan. Salah satu hak konsumen itu adalah adanya informasi label halal pada produk kosmetik Wardah. Label halal adalah jaminan yang diberikan oleh suatu lembaga yang berwenang semacam LP POM MUI untuk memastikan bahwa suatu produk itu sudah lolos pengujian kehalalan. Periklanan merupakan alat persuasif atau alat untuk membujuk juga untuk mendapatkan pesan atau image. Dalam penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh label halal dan periklanan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara parsial atau simultan bagaimana label halal dan periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah.
Setelah penelitian ini dilakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, diantaranya adalah memberikan masukan dan informasi terhadap perusahaan kosmetik, terutama manager pemasaran dalam menentukan kebijakan mengenai label halal dan periklanan yang paling tepat agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik Wardah.
Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (simple random sampling). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner atau angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik.
Hasil uji t untuk variabel label halal (X1) diperoleh nilai t hitung 4,045 dan t tabel sebesar 0,1975. Hal ini berarti t hitung lebih tinggi dari pada t tabel, sedangkan signifikansi 0,000. Karena t hitung lebih tinggi daripada t tabel dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka label halal secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Sedangkan variabel periklanan (X2) diperoleh nilai t hitung 1,496 sedangkan t tabel 0,1975. Hal ini berarti t hitung lebih besar dari pada t tabel, sedangkan nilai signifikansi 0,138. Karena nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel dan nilai signifikansi 0,138 > 0,05 maka H0 ditolak dan menerima HA. Maka terbukti periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Dari uji F test, didapat F hitung adalah 13,822 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena probabilitas (0.000) jauh lebih kecil dari 0,05, maka label halal dan periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label Halal; Periklanan; Promosi |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mohammad Kharisun |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 04:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 04:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year