Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Semester 2 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Balok dan Kubus Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Sari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Setya Budi, Ari (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Semester 2 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Balok dan Kubus Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Sari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911019_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911019_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (833kB) | Preview
[thumbnail of 083911019_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911019_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 083911019_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911019_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 083911019_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911019_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 083911019_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911019_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 083911019_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911019_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 083911019_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911019_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih begitu banyak peserta didik yang mengeluh dan beranggapan bahwa matematika itu sangat sulit dan merupakan momok. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran matematika di kelas belum diterapkan mengenai pemahaman matematika yang mengarah kepada pemahaman dan penerapan konsep. Sehingga peserta didik dapat melihat kaitan ide satu dengan yang lainnya dalam pembelajaran matematika. Contohnya pada pembelajaran bangun ruang balok dan kubus di kelas IV semester 2, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Hal ini disebabkan karena pola pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang tepat. Untuk mengatasi kesulitan peserta didik kelas IV semester 2 MI Muhammadiyah Tanjung Sari dalam mempelajari materi bangun ruang balok dan kubus juga perlu diadakan perubahan dalam pola pembelajarannya. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang balok dan kubus bagi peserta didik kelas IV semester 2 MI Muhammadiyah Tanjung Sari”
STAD (Student Teams Achievement divisions) merupakan model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu. Dalam model pembelajaran STAD ini peserta didik di tuntut aktif dan kreatif dalam berfikir dan menyelesaikan tugas secara berkelompok. Dalam model pembelajaran STAD ini peran peserta didik lebih besar di bandingkan guru, jadi guru hanya membimbing peserta didik dan membantu permasalahan yang di hadapi oleh setiap kelompok, sehingga dalam pembelajaran STAD ini keaktifan siswa dapat lebih terlihat.
Penelitian dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tanjung Sari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan dilakukan melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada materi bangun ruang balok dan kubus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan peserta didik tetapi belum berdampak positif terhadap hasil belajar. Hal itu disebabkan karena peserta didik masih membutuhkan waktu untuk lebih bisa menyesuaikan diri dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Guru juga belum familier bagi peserta didik. Selain itu pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dan bermakna dapat dipetik peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan itu diharapkan dapat membawa peserta didik memperoleh hasil belajar yang lebih baik pada pembelajaran bangun ruang balok dan kubus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan; Hasil Belajar; Bangun Ruang Balok dan Kubus; Kooperatif Tipe STAD
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Dec 2013 04:28
Last Modified: 14 Dec 2013 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics