Penerapan Cooperative Learning melalui Strategi Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas IV MI Krajankulon Kaliwungu Kabupaten Kendal

Sapari, Sapari (2013) Penerapan Cooperative Learning melalui Strategi Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas IV MI Krajankulon Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911051_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911051_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 083911051_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911051_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 083911051_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911051_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 083911051_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911051_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 083911051_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911051_Bab4.pdf - Submitted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 083911051_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911051_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 083911051_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911051_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan bagian pembelajaran agama
Islam yang mampu mengarahkan dan menghantarkan peserta didik ke fitrah yang
benar serta memiliki memiliki budi pekerti/akhlak yang mulia. Agar pembelajaran
Akhlak dapat tertanam dalam diri siswa dengan baik, maka banyak konsep
model pembelajaran yang ditawarkan. Salah satunya dengan menerapkan model
pembelajaran Kooperatif melalui strategi Crossword Puzzle yang diharapkan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penerapan
Cooperative learning melalui strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil
belajar Akidah Akhlak materi Asmaul Husna pada Siswa kelas IV A MI
Krajankulon Kaliwungu.
Dalam melaksanakan PTK harus mengacu pada desain penelitian yang
telah dirancang sesuai dengan prosedur penelitian yang berlaku. Fungsinya
sebagai patokan untuk mengetahui bentuk penerapan pembelajaran Kooperatif
melalui strategi Crossword Puzzle dalam meningkatkan keaktifan dan Hasil
Belajar Asmaul Husna pada siswa kelas IV A .Tahapan penelitian ini dilakukan
dengan 3 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,(3) Pengamatan, dan (4)
Refleksi Sedangkan pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini
adalah satu kelas, yaitu siswa kelas IV A MI Krajankulon Kaliwungu Kabupaten
Kendal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning
melalui strategi Crossword Puzzle terbukti dapat meningkatkan Keaktifan dan
Hasil Belajar Akidah Akhlak khususnya materi Asmaul Husna pada siswa kelas
IVA MI Krajankulon di Kaliwungu. Hal ini dapat diketahui dari hasil evaluasi
yang menunjukkan peningkatan pada materi Asmaul Husna yang semula nilai
rata-rata pada Prasiklus sebesar 63, pada siklus I sebesar 75,62 dan pada siklus II
sebesar 87,37. Begitu juga pada ketuntasan klasikal persentasenya mengalami
peningkatan dari mulai pra siklus 29,63%, siklus pertama sebesar 62,96%, dan
pada siklus kedua sebesar 81,48%. Keaktifan peserta didik mengalami
peningkatan dengan persentase keaktifan sebesar 62,03% pada siklus I, meningkat
menjadi 75,35 % pada siklus II. Tanggapan pesesrta didik terhadap strategi
pembelajaran tersebut cukup baik, sehingga dalam penerapannya tertanamnya rasa
kebersamaan dan pengalaman siswa menjadi bertambah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Crossword Puzzle; Akidah Akhlak; Asmaul Husna
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:49
Last Modified: 16 Dec 2013 04:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics