Efektivitas metode demonstrasi dengan pendekatan open-ended pada materi segitiga terhadap hasil belajar kelas VII di MTs Nurul Huda Dempet tahun pelajaran 2016/2017
Muisy, Muhammad Abdul (2018) Efektivitas metode demonstrasi dengan pendekatan open-ended pada materi segitiga terhadap hasil belajar kelas VII di MTs Nurul Huda Dempet tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
133511011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (19MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tidak mempunyai kesempatan banyak dalam memecahkan persoalan sendiri. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar yang didapat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dengan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar pada materi segitiga di kelas VII MTs Nurul Huda Dempet Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan meggunakan desain post test only design. Populasi penelitian ini merupakan semua peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda Dempet yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Sampel data adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran metode demonstrasi dengan pendekatan open-ended pada pelajaran matematika materi segitiga kelas VII di MTs Nurul Huda dempet diperoleh rata-rata 36,14 dari skor maksimal 47, sedangkan hasil belajar yang diperoleh menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah 33,35. Hal ini menunjukkan perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Dari kedua hasil belajar tersebut dilakukan uji perbedaan rat-rata dengan uji beda rata-rata. Dengan taraf signifikansi 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) = 42 + 42 – 2 = 82, diperoleh t_hitung=2,36 dan t_tabel=1,66. Karena t_hitung>t_tabel, maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar dengan metode demonstrasi dengan pendekatan open-ended dan hasil belajar metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Metode pembelajaran; Metode demonstrasi; Pendekatan open-ended; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 09:19 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 09:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9280 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year