Studi Komparasi Perilaku Keberagamaan antara Siswa MA Negeri Kendal dengan Siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu Tahun Pelajaran 2012/2013

Anindyawati, Alviah (2013) Studi Komparasi Perilaku Keberagamaan antara Siswa MA Negeri Kendal dengan Siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111002_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111002_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 093111002_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111002_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 093111002_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111002_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 093111002_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111002_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 093111002_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111002_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 093111002_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111002_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 093111002_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111002_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (31kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perbedaan perilaku keberagamaan siswa di Sekolah dan Madrasah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh intensitas pengajaran Pendidikan Agama Islam baik di Sekolah maupun Madrasah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah terdapat perbedaan perilaku keberagamaan antara siswa MA Negeri Kendal dengan siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu ?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Negeri Kendal dan SMA Negeri 1 Kaliwungu. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan informasi mengenai ada tidaknya perbedaan perilaku keberagamaan antara siswa MA dan siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan survai dengan teknik komparasi, sampel dalam penelitian ini sebanyak 220 siswa responden, yang terbagi dalam dua kelompok, yakni kelompok pertama terdapat 133 siswa Madrasah dan kelompok yang kedua terdapat 87 siswa Sekolah. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara pemberian angket, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan rumus t-score.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa perilaku keberagamaan siswa MAN Kendal dalam kategori “cukup”, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 87,14 yang terdapat pada interval 87 – 89. Sedangkan perilaku keberagamaan siswa SMA N 1 Kaliwungu dalam kategori “kurang”, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 86,15 yang terdapat pada interval 85 -87
Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dari hasil penelitian tentang perilaku keberagamaan siswa MAN Kendal dan siswa SMA N 1 Kaliwungu yang ditunjukkan oleh rumus t-score dengan nilai t observasi (to) yaitu 1,879 lebih besar dari t tabel baik pada taraf 5%. Dinyatakan nilai t tabel yaitu 1,660 pada taraf 5% , maka hipotesis nihil diterima.
Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan perilaku keberagamaan antara siswa MAN Kendal dan siswa SMA N 1 Kaliwungu dan membuktikan bahwa intensitas pengajaran pendidikan agama Islam dapat mempengaruhi perilaku keberagamaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keberagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 05:09
Last Modified: 16 Dec 2013 05:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics