Pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk narasi pada materi pokok peluang kelas XI di MAN Kendal

Nafiah, Hidayatun (2018) Pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk narasi pada materi pokok peluang kelas XI di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133511015.pdf]
Preview
Text
133511015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan dengan makna yang sesuai atau tepat. Penelitian dilakukan di MAN Kendal kepada siswa kelas XI Bahasa pada materi pokok peluang dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk narasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan metode survey dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian, kecerdasan linguistik memberikan pengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal berbentuk narasi sebesar 38,13% dengan bentuk persamaan regresi linier sederhana Ŷ=21,26+0,62X. Kemudian diperoleh nilai Fhitung sebesar 17,874, sedangkan Ftabel didapat 4,183, sehingga Fhitung ≥ Ftabel maka kecerdasan linguistik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal berbentuk narasi dengan nilai koefisien korelasi 0,618 pada taraf signifikasi 5%, sehingga diperoleh nilai thitung sebesar 4,228, sedangkan ttabel didapat 2,045. Karena thitung > ttabel maka hubungan tersebut terbukti signifikan. Adapun tingkat keeratan hubungan kedua variabel tersebut berada pada kategori sedang serta menunjukkan arah hubungan yang positif maka peningkatan kecerdasan linguistik siswa berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal berbentuk narasi, begitu pula penurunan kedua variabel tersebut. Dengan demikian, kecerdasan linguistik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk narasi pada materi pokok peluang kelas XI di MAN Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan linguistik; Soal berbentuk narasi; Pembelajaran matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:55
Last Modified: 15 Apr 2019 09:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics