Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VII MTs Darul Hasanah Semarang materi pokok segiempat tahun pelajaran 2016/2017

Istifaiyah, Hidayatul (2018) Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VII MTs Darul Hasanah Semarang materi pokok segiempat tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133511025.pdf]
Preview
Text
133511025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik MTs Darul Hasanah Semarang pada materi pokok segiempat tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap yang terbagi dalam dua yaitu kelas VII A 34 peserta didik dan kelas VII B 37 peserta didik. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh yang mana pada teknik ini penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah Control Group Pretest and Posttest Design yaitu suatu rancangan penelitian yang menggunakan dua kelompok subjek. Dua kelompok subjek tes tersebut diberi nama kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelas eksperimen diberikan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf nyata 5% diperoleh t_(hitung )=3,936 dan 〖 t〗_(tabel )=1,6715 karena t_(hitung )> 〖 t〗_(tabel )maka terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Learning Cycle; Kemampuan berpikir kreatif; Berpikir matematis; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:59
Last Modified: 18 Apr 2019 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics