Efektivitas model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap hasil belajar siswa kelas X materi usaha dan energi di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak tahun ajaran 2017/2018
Turmudzi, Ahmad (2018) Efektivitas model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap hasil belajar siswa kelas X materi usaha dan energi di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113611016.pdf - Accepted Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) memungkinkan siswa untuk berperan aktif dan berpikir kritis dalam pembelajaran sehingga siswa tidak cepat lupa dengan apa yang telah dipelajari dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (high order thinking skill) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X materi usaha dan energi di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan True Experimental Design dengan Posttest-Only control design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 74,44 dan kelas kontrol sebesar 72. Hasil penelitian dianalisis dengan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung = 2,116 dan t tabel = 2,000. Karena thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika dengan penerapan model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS lebih tinggi dibanding dengan metode konvensional pada materi materi usaha dan energi kelas X di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Problem solving; Higher Order Thinking Skill (HOTS); Hasil belajar; Pembelajaran fisika; Usaha dan energi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 09:37 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 02:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9333 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year