Efektivitas model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap hasil belajar siswa kelas X materi usaha dan energi di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak tahun ajaran 2017/2018

Turmudzi, Ahmad (2018) Efektivitas model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap hasil belajar siswa kelas X materi usaha dan energi di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611016.pdf]
Preview
Text
113611016.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) memungkinkan siswa untuk berperan aktif dan berpikir kritis dalam pembelajaran sehingga siswa tidak cepat lupa dengan apa yang telah dipelajari dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS (high order thinking skill) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X materi usaha dan energi di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan True Experimental Design dengan Posttest-Only control design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 74,44 dan kelas kontrol sebesar 72. Hasil penelitian dianalisis dengan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung = 2,116 dan t tabel = 2,000. Karena thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika dengan penerapan model pembelajaran problem solving berorientasi HOTS lebih tinggi dibanding dengan metode konvensional pada materi materi usaha dan energi kelas X di MA An Nidham Kalisari Sayung Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem solving; Higher Order Thinking Skill (HOTS); Hasil belajar; Pembelajaran fisika; Usaha dan energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:37
Last Modified: 18 Dec 2021 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics