Identifikasi miskonsepsi pada materi lingkaran kelas VIII MTs Sabilul Ulum tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan uji tes diagnostic pilihan ganda tiga tingkat
Zulifah, Himatul Alif (2018) Identifikasi miskonsepsi pada materi lingkaran kelas VIII MTs Sabilul Ulum tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan uji tes diagnostic pilihan ganda tiga tingkat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (14MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan miskonsepsi yang ada di MTs Sabilul Ulum.Hal ini dapat diketahui melalui wawancara yang dilakukan kepada guru matematika MTs Sabilul Ulum.Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa siswa mengalami masalah miskonsepsi.Miskonsepsi yang dialami oleh siswa salah satunya pada materi lingkaran.Pernyataan ini didasarkan pada pengalaman guru matematika terhadap siswa-siswa yang telah mendapatkan materi lingkaran.Untuk mengetahui apakah benar ada miskonsepsi pada materi lingkaran, maka diambil sampel sebanyak satu kelas dari siswa yang telah mendapatkan materi tersebut.Sampel tersebut diambil dari siswa kelas IX yang telah mendapatkan materi lingkaran.Berdasarkan tes yang dilakukan, terbukti ada miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada materi lingkaran.Dengan begitu perlu dikaji miskonsepsi pada materi lingkaran yang dialami oleh siswa-siswa pada kelas dibawahnya, yaitu pada kelas VIII.Sehingga dapat diketahui penyebab terjadinya miskonsepsi agar supaya miskonsepsi yang terjadi saat ini tidak berulang pada siswa-siswa selanjutnya.Selain penyebab miskonsepsi yang dialami, penelitian ini mendiskripsikan jenis-jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Fokus penelitian ini adalah miskonsepsi pada materi lingkaran yang dialami oleh siswa.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sabilul Ulum yang berjumlah 189 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara tidak terstruktur.Analisis data yang digunakan meliputi reduction, data display, conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada pokok bahasan lingkaran.Dari hasil tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat dan hasil wawancara dapat diketahui siswa mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan lingkaran. Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa miskonsepsi yang dialami pada siswa yaitu pada: a) Miskonsepsi dalam konsep unsur-unsur pada lingkaran, termasuk dalam jenis miskonsepsi jenis klasifikasional dan teoritikal; b) Miskonsepsi dalamkonsep tali busur dan busur lingkaran, termasuk dalam miskonsepsi jenis klasifikasional; c)Miskonsepsi dalamkonsep tali busur dan daerah tembereng, termasuk dalam miskonsepsi jenis klasifikasional; d) Miskonsepsi dalamkonsep letak dan panjang tali busur, termasuk dalam miskonsepsi jenis klasifikasional; e) Miskonsepsi dalamkonsep tali busur, termasuk dalam miskonsepsi jenis teoritikal; f) Miskonsepsi dalam konsep keliling lingkaran, termasuk dalam miskonsepsi teoritikal; g) Miskonsepsi dalam konsep jenis-jenis sudut, termasuk jenis teoritikal; h)Miskonsepsi dalam menentukan konsep hubungan sudut keliling dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama, termasuk dalam miskonsepsi jenis korelasional; i) Miskonsepsi pada menentukan konsep hubungan sudut pusat dan sudut keliling, termasuk dalam miskonsepsi jenis korelasional; j) Miskonsepsi dalam konsep hubungan sudut pusat, luas juring dan panjang busur, termasuk dalam miskonsepsi jenis teoritikal; k) Miskonsepsi dalam konsep keliling lingkaran yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk miskonsepsi teoritikal. Adapun penyebab miskonsepsi adalah a) Kurangnya penekanan konsep yang diberikan oleh guru, b) Kurangnya pemahaman siswa dengan materi pra syarat, c) Kurangnya kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep, dan d) Kurang latihan soal yang dilakukan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; Tes diagnostic; Pilihan ganda tiga tingkat; Metode pembelajaran; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 02 May 2019 08:00 |
Last Modified: | 02 May 2019 08:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9381 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year