Analisis ketergunaan internet sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI IPA dalam mata pelajaran matematika di MAN 1 Grobogan

Virdaus, Muqit (2018) Analisis ketergunaan internet sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI IPA dalam mata pelajaran matematika di MAN 1 Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data sampel yang diambil dari populasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan informasi tentang penggunaan internet sebagai sumber belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika kelas XI IPA di MAN 1 Grobogan. Subjek penelitian sekaligus populasi penelitian terdiri atas peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Grobogan dan sebanyak 46 peserta didik diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Data primer diambil dengan metode kuisioner dan wawancara terhadap peserta didik. Data sekunder diambil dengan metode wawancara terhadap guru dan orang tua/wali peserta didik. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Sebanyak 69,57% peserta didik mengakses internet untuk sumber belajar, 8,70% untuk membaca berita, 6,52% untuk bermain game dan 15,22% untuk sosial media. Secara keseluruhan peserta didik menggunakan internet setiap hari untuk berbagai hal, salah satunya adalah sebagai sumber belajar matematika. Sumber belajar yang dimaksudkan adalah dalam bentuk pencarian materi/referensi matematika, latihan soal-soal dan pengerjaan tugas dari guru. Internet sangat baik digunakan untuk dijadikan sumber belajar matematika karena materi dan soal yang berasal dari internet juga lebih bervariasi dan lengkap dibandingkan buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Internet; Sumber belajar; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 02 May 2019 08:01
Last Modified: 02 May 2019 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics