Efektivitas model pembelajarn Knisley dengan metode brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan peserta didik materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Banat Tajul Ulum Brabo tahun ajaran 2017/2018

Kasanah, Niswatul (2018) Efektivitas model pembelajarn Knisley dengan metode brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan peserta didik materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Banat Tajul Ulum Brabo tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 10. Skripsi Lengkap.pdf]
Preview
Text
10. Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Knisley dengan metode brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan peserta didik kelas VIII MTs Banat Tajul Ulum. Kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan penting dalam pembelajaran matematika, karena dengan memiliki kemampuan komunikasi matematis peeserta didik dapat menggunakan notasi, simbol dan mengkonversikan soal cerita ke bentuk gambar maupun tabel sehingga bisa menyelesaikan soal dengan benar. Peserta didik harus memiliki keaktifan agar berani menyampaikan pendapatnya dan berani bertanya ketika tidak memahami materi. Permasalahan tersebut terjadi karena proses pembelajaran menggunakan model konvensional, dimana guru lebih banyak berperan sedangkan peserta didik hanya mengikuti instruksi guru. Permasalah tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran Knisley denga metode brainstorming yang terdiri dari empat tahapan, yaitu konkret-reflektif, konkret-aktif, abstrak-reflektif dan abstrak-aktif, dimana peserta didik dapat mengetahui kaitan materi dengan benda kontekstual sehingga dapat mengkonversikan permasalahan ke bentuk gambar, notasi, dan simbol matematika. Peserta didik juga dapat bereksperimen dan menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan subyek peserta didik yang berjumlah 231. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol karena t_hitung=2,9<t_tabel=1,669,terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dengan indeks gain 0,26 dan kelas kontrol 0,12, dan rata-rata keaktifan kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata keaktifan kelas kontrol karena t_hitung=3,565<t_tabel=1,669. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Knisley dengan metode Brainstorming efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan keaktifan peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Banat Tajul Ulum Brabo tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajarn; Knisley; Metode pembelajaran; Brainstorming; Komunikasi matematis; Keaktifan belajar; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 02 May 2019 08:05
Last Modified: 02 May 2019 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics