Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantu alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok lingkaran kelas VIII semester II MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen tahun pelajaran 2011/2012
Miftahussa’adah, Sayyidah (2012) Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantu alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok lingkaran kelas VIII semester II MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083511024_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
083511024_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
083511024_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (138kB) | Preview
083511024_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
083511024_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
083511024_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083511024_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adatidaknya pengaruh model pembelajaran MissouriMathematics Project (MMP) berbantu alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok lingkaran kelas VIII semester II. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di Mts Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-C yang terdiri dari 41 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A yang terdiri dari 36 peserta didik.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Sebelum diberi treatment kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai harian sebelum materi luas dan keliling lingkaran. Kemudian kedua kelas diberi treatment yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran MissouriMathematics Project (MMP) berbantu alat peraga sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Setelah didapat, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen=80,36 dan kelas kontrol = 64,58. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikansi=5% diperoleh t_hitung= 6,613 sedangkan t_tabel= 1,667. karena t_hitung>t_tabel maka terjadi perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran MissouriMathematics Project (MMP) berbantu alat peraga dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Perbedaan ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran MissouriMathematics Project (MMP) berbantu alat peraga lebih tinggi atau lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar peserta didik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MissouriMathematics Project (MMP) berbantu alat peraga berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok lingkaran kelas VIII semester II Mts Salafiyah Wonoyoso Kebumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Missouri Mathematics Project (MMP); Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 05:26 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 05:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/945 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year