Manajemen pelayanan divisi Walisongo Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis dalam melayani mahasiswa peserta KKL Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang semester gasal tahun 2017/2018
Restu, Cania Ayu Maha (2018) Manajemen pelayanan divisi Walisongo Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis dalam melayani mahasiswa peserta KKL Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang semester gasal tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
penelitian yang berjudul “Manajemen Pelayanan Divisi Walisongo Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis dalam Melayani Mahasiswa Peserta KKL Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Semester Gasal Tahun 2017/2018”. pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen pelayanan Divisi Walisongo Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis dalam melayani mahasiswa peserta KKL Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Semester Gasal tahun 2017/2018. (2) Bagaimana upaya meningkatkan pelayanan Divisi Walisongo Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis dalam melayani mahasiswa peserta KKL Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Semester Gasal tahun 2017/2018. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan manajemen pelayanan. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan : observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Divisi Walisongo Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis telah melaksanakan kegiatan KKL pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Semester Gasal tahun 2017/2018 dengan cukup baik dan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen diantaranya perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Fungsi-fungsi tersebut diterapkan untuk mencapai tujuan mempermudah kegiatan KKL dalam pelayanan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Semester Gasal tahun 2017/2018. Ada dua rombongan kegiatan KKL yaitu ke Jakarta-Bandung untuk jurusan MD dan KPI, dan Surabaya-Malang untuk jurusan BPI dan PMI. (2) Upaya dalam meningkatkan pelayanan pada kegiatan KKL sudah cukup baik, namun ada rasa tidak puas yang dirasakan oleh peserta kegiatan KKL, ketidakpuasan kegiatan KKL khusus rombongan ke Jakarta-Bandung dalam pelayanan kegiatan KKL dilatarbelakangi oleh salah satu faktor yaitu kemacetan jalanan ibu kota yang menjadikan perubahan jadwal kunjungan dan para tour leader yang kurang profesional terhadap tugas yang mereka lakukan. Sedangkan, para tour leader dituntut untuk melayani sepenuhnya dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Padahal tugas dari para tour leader adalah untuk mendampingi rombongan peserta KKL dari awal sampai akhir kegiatan. Hal tersebut mengakibatkan seolah-olah para tour leader lah yang salah dalam kegiatan KKL tersebut. Walaupun ada beberapa faktor eksternal yang mengakibatkan kurang lancarnya perjalanan rombongan kegiatan KKL ke Jakarta-Bandung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pelayanan; Tour dan travel; Mahasiswa; Praktik lapangan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 13 May 2019 05:52 |
Last Modified: | 23 May 2021 04:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9556 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year