Pelayanan prima pendaftaran ibadah haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak
Saputri, Ririn Indah (2018) Pelayanan prima pendaftaran ibadah haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyak peningkatan minat masayarakat mendaftar ibadah haji. Dalam hal ini tentu perlu adanya tindakan secara representatif dan berkesinambungan, mengingat semakin banyaknya calon jamaah haji yang datang untuk meminta pelayanan informasi seputar haji maka semakin ekstra pula kinerja yang harus dilakukan, tentu harus diperhatikan agar pelaynana yang diberikan dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian lebih jauh tentang pelayanan prima pendaftaran ibadah haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak. Peneliti bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Pelayanan Prima Pendaftaran Ibadah Haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak. (2) Apa Kelebihan dan Kekurangan Pelayanan Prima Pendaftaran Ibadah Haji di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak. Data dalam penelitian berupa data-data kualitatif berupa data primer dan skunder. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik induktif untuk mengetahui jawaban atas pokok permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak menerapkan pelayanan prima dalam meningkatkan pelayanan pendafatarn ibadah haji melalui pengukuran kinerja pelayanan yang telah dikembangkan oleh parasuraman, Zaithml dan Berry dengan baik. Meliputi: Keandalan (Reliability) adalah Tepat waktu dalam pelayanan pendaftaran dan Keandalan petugas dalam melayanani pendaftaran ibadah haji, Daya Tanggap (Responsivity) Ketanggapan petugas dalam melayani menangani masalah menjawab pertanyaan jamaah dan membantu calon jamaah haji dalam mendaftarkan ibadah haji. Jaminan (Assurance) dalam membangun kepercayaan dan keyakinan pada diri calon jamaah haji dalam pendaftaran ibadah haji. Kepedulian (Emphaty), memberikan perhatian kepada calon jamaah haji dalam pendaftaran ibadah haji. Bukti Langsung (Tangibles) fasilitas penunjang pendaftaran serta informasi yang diberikan kantor kepada calon jamaah dengan cepat dan akurat. (2) kelebihan adalah: ketepatan waktu pelayanan staf khusus pendaftaran ibadah haji dan pelayanan secara baik dan santun serta adanya sarana prasana yang memadai. Sedangkan kekurangannya adalah: adanya pegawai yang bertugas diluar, dan Adanya kebijakan baru yang belum efektif dilakukan di karena waktunya yang terlalu singkat untuk persiapan dokumen, istithoah kesehatan dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan prima; Manajemen haji; Haji dan umrah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 13 May 2019 05:56 |
Last Modified: | 23 May 2021 04:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9560 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year