Pengaruh Persepsi Anak Tentang Perhatian Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Habibiyah Tambakselo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

Nasihah, Durrotun (2012) Pengaruh Persepsi Anak Tentang Perhatian Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Habibiyah Tambakselo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911022_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911022_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of 083911022_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911022_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 083911022_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911022_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 083911022_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911022_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 083911022_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911022_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 083911022_bab5.pdf]
Preview
Text
083911022_bab5.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 083911022_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911022_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya pengaruh antara persepsi anak tentang perhatian orang orang tua terhadap prestasi belajar matematika; 2) ada tidaknya pengaruh antara kecerdasan emosional peserta didik terhadap prestasi belajar matematika; 3) ada tidaknya pengaruh antara persepsi anak tentang perhatian orang tua dan kecerdasan emosional peserta didik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV MI Habibiyah Tambakselo kecamatan Wirosari kabupaten Grobogan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang mana jumlah responden diambil dari seluruh populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mencari data persepsi anak tentang perhatian orang tua (X_1) dan kecerdasan emosional (X_2), dan informasi dokumentasi untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar (Y).
Data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif antara persepsi anak tentang perhatian orang tua dan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh hasil perhitungan F_hitung= 26,2 pada taraf signifikansi α0,05 dan sumbangan (X_1) terhadap (Y) sebesar 0,483 (48,3%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Y ̂=13,378+0,760 X_1; 2) terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional peserta didik dan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh hasil perhitungan F_hitung= 15,684 pada taraf signifikansi α0,05 dan sumbangan (X_2) terhadap (Y) sebesar 0,359 (5,9%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Y ̂=21,716+0,653 X_2; 3) terdapat pengaruh yang positif antara persepsi anak tentang perhatian orang tua dan kecerdasan emosional peserta didik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh hasil perhitungan F_hitung= 17,408 pada taraf signifikansi α0,05 dan sumbangan (X_1) dan (X_2) secara bersama-sama terhadap (Y) sebesar 0,750 (75%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Y ̂=0,391+0,575X_1+0,359X_2.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan MI Habibiyah Tambakselo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan, dan juga bagi orang tua peserta didik terutama dalam hal memberikan perhatian dan mengembangkan kecerdasan emosional anak agar senantiasa dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua; Kecerdasan Emosional; Peserta Didik; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 03:59
Last Modified: 16 Dec 2013 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics