Strategi Pemasaran Pembiayaan Musyarakah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi
Mubarok, Moh Joni (2013) Strategi Pemasaran Pembiayaan Musyarakah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
102503107_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (522kB) | Preview
102503107_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
102503107_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
102503107_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
102503107_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
102503107_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Salah satu kesuksesan dari pemasaran adalah terbentuknya pemahaman persepsi yang tepat dibenak konsumen. Sedangkan pembentukan pemahaman dan persepsi tersebut dibutuhkan strategi marketing yang tidak mudah, apalagi untuk bisnis perbankan syari’ah yang relatif baru bagi masyarakat kita. Salah satu BPRS Syariah yang menggunakan strategi pemasaran dalam memasarkan produknya adalah BPRS Syariah Ben Salamah Abadi Purwodadi.
BPRS Syariah Ben Salamah Abadi Purwodadi mempunyai strategi tersendiri dalam memasarkan produk-produknya. Hal ini menjadi penting untuk diteliti dan dikaji khususnya dalam perkembangan strategi pemasaran syariah.
Rumusan masalah yang dipakai dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah di BPRS Ben Salamah Purwodadi dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk pembiayaan musyarakah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi.
Jenis penelitian yang gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dimana data yang terkumpul berupa dokumen-dokumen-. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa strategi pemasaran produk pembiayaan musyarakah di BPRS Ben Salamah Purwodadi dipasarkan dengan cara jemput bola yang berarti nasabah tidak harus datang ke BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi namun pihak pemasaran yang akan mendatangi rumah-numah nasabah. Sementara kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk pembiayaan musyarakah adalah kesalahpahaman masyarakat yang masih menganggap BPR syari’ah sama dengan BPR Konvensional. Kendala lainnya adalah rendahnya sumber daya yang dimiliki oleh BPR Syari’ah Ben Salamah Purwodadi sehingga karyawan BPR Syari’ah Ben Salam Purwodadi dalam melakukan aktivitasnya cenderung lambat dan respon terhadap permasalahan ekonomi rendah. Kemudian kendala lain adalah kurang adanya koordinasi di antara BPR Syari’ah Ben Salamah Purwodadi dengan bank syari’ah lainnya ataupun dengan BMT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran; Musyarakah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 06:15 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 06:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/965 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year