Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 1 Purwodadi pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Pokok Gerak

Faizah, Siti Rizanatul (2012) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 1 Purwodadi pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Pokok Gerak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083611028_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083611028_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611028_Bab1.pdf]
Preview
Text
083611028_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 083611028_Bab2.pdf]
Preview
Text
083611028_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 083611028_Bab3.pdf]
Preview
Text
083611028_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 083611028_Bab4.pdf]
Preview
Text
083611028_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 083611028_Bab5.pdf]
Preview
Text
083611028_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 083611028_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083611028_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penggunaan strategi pembelajaran Gasing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 1 Purwodadi pada materi pokok gerak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai fisika peserta didik kelas X MAN 1 Purwodadi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran Gasing pada mata pelajaran fisika siswa kelas X materi pokok gerak di MAN 1 Purwodadi, 2) Apakah penggunaan strategi pembelajaran Gasing efektif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X materi pokok gerak di MAN 1 Purwodadi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan memperoleh data mengenai penggunaan strategi pembelajaran Gasing dalam pembelajaran fisika pada materi pokok gerak. 2) Untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Gasing terhadap hasil belajar peserta didik MAN 1 Purwodadi kelas X materi pokok gerak.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Semester 1 MAN 1 Purwodadi yang terdiri dari 10 kelas yang berjumlah 460 siswa. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian (lotre), di mana diperoleh kelas X9 yang berjumlah 46 siswa sebagai kelas kontrol yang mendapat pengajaran dengan metode konvensional (ceramah) dan kelas X10 yang berjumlah 46 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapat pengajaran dengan strategi pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Variabel dalam penelitian ini terdiri atas: pengajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi bentuk check list, tes, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari : uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dalam menggunakan strategi pembelajaran Gasing dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Gasing di kelas eksperimen, meliputi: 1) peneliti mengenalkan terlebih dahulu konsep strategi pembelajaran Gasing, 2) peneliti menjelaskan konsep dasar materi pokok gerak, 3) peneliti menerapkan fisika Gasing pada materi gerak, dengan cara memberikan beberapa contoh soal yang kerjakan menggunakan strategi pembelajaran Gasing, 4) peneliti memberikan beberapa latihan soal untuk dikerjakan oleh peserta didik dengan cara yang sama seperti yang sudah dicontohkan. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 57,84 dan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 64,06. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t yang diperoleh harga thitung 2,67. Hasil perhitungan kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan dk = 90, diproleh ttabel sebesar 1,99. Karena harga thitung > ttabel, maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) pada mata pelajaran fisika materi pokok gerak efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 1 Purwodadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan); Fisika; Gerak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:40
Last Modified: 16 Dec 2013 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics