Strategi peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 02 Brebes

Dewi, Frischa Bunga Permata (2019) Strategi peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 02 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berbicara mengenai kualitas pendidikan maka tidak akan lepas dari peningkatan mutu pendidik. Pendidik atau guru merupakan unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan dan di setiap jenjang pendidikan, khususnya ditingkat institusional dan instruksional. Tanpa guru, pendidikan hanya menjadi slogan semata karena segala bentuk kebijakan dan program pada akhirnya akan ditentukan oleh kinerja pihak yang berada digaris depan yaitu guru.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimanakah perencanaan strategi, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut untuk peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes.
Pada kajian perencanaan strategi, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes, menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategis di MTs Negeri 2 Brebes dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan merencanakan program MGMP yang perencanaannya menggunakan analisis kebutuhan. 2) Pelaksanaan program peningkatan mutu di MTs Negeri 2 Brebes hanya dilaksanakan 8 kali pertemuan. Pada pelaksanaan MGMP lebih memfokuskan pada cara memulai proses MGMP. 3) Penilaian program peningkatan mutu di MTs Negeri 2 Brebes menggunakan alat tes berupa instrumen yang memuat persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kegiatan inti, penilaian dan penutup. Di dalam penilaian, didapatkan hasil bahwa guru-guru di MTs Negeri 2 Brebes telah mencapai target dengan baik. 4) Tindak lanjut program peningkatan mutu di MTs Negeri 2 Brebes adalah dengan memberikan bimbingan dan pembelajaran ulang yang dilakukan oleh guru inti kepada para guru yang belum mencapai target.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidik; MGMP; Kualitas guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 04 Jul 2019 09:36
Last Modified: 04 Jul 2019 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics