Integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Bulakwaru Tarub Tegal

Himmawati, Nilna (2019) Integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Bulakwaru Tarub Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of PDF FUL.pdf]
Preview
Text
PDF FUL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Integrasi Kurilum Pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub Tegal. Kajiannya dilatar belakangi oleh persepsi bahwas sekolah dianggap belum mampu mencetak generasi paripurna seperti yang dicita-citakan bangsa, karena kurangnya pengembangan nilai-nilai moral-spiritual dalam kurikulum pendidikan sekolah. Berdasarkan hal tersebut, kurikulum pesantren dianggap sebagai salah satu solusi dalam rangka mengembalikan jatidiri sekolah sebagai pusat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub Tegal. Sumber data yang digunakan meliputi: informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi.
Adapun hasilnya mencakup: (1) Perencanaan integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub meliputi beberapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan organisasi isi kurikulum, menentukan strategi pembelajaran dan menentukan evaluasi pembelajaran.(2)Pelaksanaan integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an sangat didukung oleh kemampuan guru yang mengajar. Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren juga tampak adanya kitab-kitab salaf (kitab kuning) sebagai sumber belajar beserta metode pembelajaran pesantren seperti bandongan, dan ceramah. (3) Evaluasi integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an dilaksanakan dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Integrasi kurikulum; Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 05 Jul 2019 03:54
Last Modified: 05 Jul 2019 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9737

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics