Pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe tari bambu terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi mempersiapkan dan merebut kemerdekaan pada siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang tahun ajaran 2017/2018
Praptiningtyas, Wiwit (2019) Pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe tari bambu terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi mempersiapkan dan merebut kemerdekaan pada siswa kelas V di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 peserta didik.
Peserta didik MI Nashrul Fajar masih sering merasa kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPS khususnya materi mempersiapkan dan merebut kemerdekaan. Karena pendidik masih menggunakan metode ceramah pembelajaran belum menggunakan metode lain yang mengakibatkan hasil belajar siswa belum tercapai secara maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode Kooperatif tipe Tari Bambu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Nashul Fajar Meteseh Tembalang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Koopeatif tipe tari bambu berpengaruh terhadap hasil belajar IPS materi mempersiapkan dan merebut kemerdekaan.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode kooperatif tipe Tari Bambu dan kelas kontrol menggunakan metode
pembelajaran ceramah. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji data awal yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji signifikansi.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh = 3.604 sedangkan = 1,678. Karena maka berati rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan menggunakan metode kooperatif tipe Tari Bambu lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir eksperimen = 82,4167 dan kelompok kontrol = 71,2143 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Tri Bambu terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi mempersiapkan dan merebut kemerdekaan siswa kelas V MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe Tari Bambu dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian peneliti menyarankan agar penggunaan metode kooperatif tipe Tari Bambu dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 13 Jul 2019 02:02 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9755 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year