Pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi pecahan siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Handayani, Hana (2019) Pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi pecahan siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of pdf gabungan full.pdf]
Preview
Text
pdf gabungan full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya penerapanpendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Sampel pertama dari penelitian ini adalah kelas V Abdurrahman (kelas VA) yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan kelas V Salman Al Farisi (kelas VB) yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen= 81,72 dan kelas kontrol = 71,55. Hal ini menandakan bahwa komunikasi matematis menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih berpengaruh pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif digunakan untuk pembelajaran komunikasi matematis di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang Tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendidikan Matematika Realistik (PMR); Kemampuan komunikasi matematis; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:06
Last Modified: 29 May 2021 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics