Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang
Ulza, Fila Khozanatul (2018) Hubungan persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca Al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fila Khozanatul Ulza___1403096036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena yang terjadi di era modern ini. Kini banyak anak yang belum bisa membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang intesitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang ada atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Data yang dikumpulkan dengan metode angket, tes, observasi dan dokumentasi. Angket/ kuesioner digunakan untuk memperoleh data tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru, tes lisan digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tentang sekolah, hasil-hasil siswa kelas V semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh rxy sebesar 0,391yang selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel dengan N=37 pada taraf 5% adalah 0,275 dan taraf 1% adalah 0,216. Dapat diartikan rxy > rtabel dan menunjukkan bahwa hubungan tersebut masuk pada kriteria rendah yaitu pada 0,20 - 0,399. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka dengan demikian ha diterima.
Setelah diketahui hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019, langkah selanjutnya melihat signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 2,731 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% = 1,690. Karena thitung (2,731) > ttabel (1,690). Yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang intensitas bimbingan membaca al-Qur’an oleh guru dengan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V MI Futuhiyyah 02 Kudu Kecamatan Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka dengan demikian ha ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca Alquran; Baca tulis Alquran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 13 Jul 2019 02:09 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 02:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9760 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year