Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2018/2019

Nur, Dewi Mardhiyyah (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DEWI MARDHIYYAH NUR___1403096058.pdf]
Preview
Text
DEWI MARDHIYYAH NUR___1403096058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Think Talk Write merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dibangun melalui proses berpikir, berbicara, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif peserta didik. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 48 peserta didik dengan 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Sampel kedua berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai postest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write diperoleh rata-rata nilai 76,37, sedangkan hasil nilai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write diperoleh rata-rata nilai 71,71 berdasarkan uji t_hitung= 1,861 dan t_tabel=1,678 jadi t_hitung> t_tabel sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pemelajaran kooperatif; Think Talk Write; Keterampilan menulis; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:17
Last Modified: 29 May 2021 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9766

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics