Pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019
Nurdiana, Efa (2018) Pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena anak-anak usia sekolah belum bisa membaca Al-Qur’an. Sebagian dari mereka belum mempunyai dasar dalam membaca A-Qur’an, yaitu belum bisa melafalkan makharijul huruf dengan benar dan membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah tajwid. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi program tahsin tilawah.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tantang Apakah Implementasi Program Tahsin Tilawah Berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik dengan Metode Qira’ati Jilid 6 di MI Al-Khoiroyah 01 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik jilid 6 MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan tes lisan. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi program tahsin tilawah, dan tes lisan digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019, memiliki dua variabel, yaitu variabel X (implementasi program tahsin tilawah) dengan nilai mean sebesar 40,80, dan variabel Y (kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019) dengan mean sebesar 81,20.
Untuk mengetahui signifikansi pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang adalah dengan membandingkan harga Freg dengan Ftabel taraf 5%.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dapat diketahui bahwa persamaan garis regresinya adalah Y ̂= 49,88+0,77X, sedangkan menguji signifikansi dari persamaan tersebut digunakan analisis varian untuk regresi yaitu harga Freg diperoleh sebesar 19,31 kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% yaitu 4,121, karena Freg > Ftabel maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019.
Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai KD 36,9%. Ini berarti pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019 sebesar 36,9%. Sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Berdasarkan perhitungan di atas antara pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019, dapat dilihat bahwa implementasi program tahsin tilawah memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019 yaitu 36,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Qiraati; Program tahsin tilawah; Kemampuan membaca Alquran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 13 Jul 2019 02:21 |
Last Modified: | 29 May 2021 07:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9768 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year