Pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019

Nurdiana, Efa (2018) Pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena anak-anak usia sekolah belum bisa membaca Al-Qur’an. Sebagian dari mereka belum mempunyai dasar dalam membaca A-Qur’an, yaitu belum bisa melafalkan makharijul huruf dengan benar dan membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah tajwid. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi program tahsin tilawah.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tantang Apakah Implementasi Program Tahsin Tilawah Berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik dengan Metode Qira’ati Jilid 6 di MI Al-Khoiroyah 01 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik jilid 6 MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan tes lisan. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi program tahsin tilawah, dan tes lisan digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019, memiliki dua variabel, yaitu variabel X (implementasi program tahsin tilawah) dengan nilai mean sebesar 40,80, dan variabel Y (kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019) dengan mean sebesar 81,20.
Untuk mengetahui signifikansi pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang adalah dengan membandingkan harga Freg dengan Ftabel taraf 5%.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dapat diketahui bahwa persamaan garis regresinya adalah Y ̂= 49,88+0,77X, sedangkan menguji signifikansi dari persamaan tersebut digunakan analisis varian untuk regresi yaitu harga Freg diperoleh sebesar 19,31 kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% yaitu 4,121, karena Freg > Ftabel maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019.
Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai KD 36,9%. Ini berarti pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019 sebesar 36,9%. Sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Berdasarkan perhitungan di atas antara pengaruh implementasi program tahsin tilawah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019, dapat dilihat bahwa implementasi program tahsin tilawah memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dengan metode Qira’ati jilid 6 di MI Al-Khoiriyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019 yaitu 36,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Qiraati; Program tahsin tilawah; Kemampuan membaca Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:21
Last Modified: 29 May 2021 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9768

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics