Pengaruh penerapan metode SAS terhadap kemampuan membaca tema kegiatanku pada peserta didik kelas I MIN 2 Kendal tahun ajaran 2018/2019

Qona'ah, Siti Rohmiati (2019) Pengaruh penerapan metode SAS terhadap kemampuan membaca tema kegiatanku pada peserta didik kelas I MIN 2 Kendal tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096068.pdf]
Preview
Text
1403096068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi kelas I MIN 2 Kendal yaitu diperoleh informasi banyak peserta didik yang masih kurang optimal, Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode membaca yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan untuk mengetahui keefektifan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca pada tema kegiatanku subtema kegiatan sore hari di kelas I MIN 2 Kendal tahun ajaran 2018/2019.
Mempertimbangkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode SAS berpengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas I MIN 2 Kendal tahun ajaran 2018/2019. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian jenis kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas I yang berjumlah 38 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas. Karena di kelas I ada dua kelas yaitu kelas IA sebagai kelas kontrol dengan 20 peserta didik dan kelas IB sebagai kelas eksperimen dengan 18 peserta didik, untuk teknik analisis data pretest dan post test peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan data nilai pre test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata awal kelas eksperimen adalah 60 dan rata-rata kelas kontrol 56,5. Sedangkan berdasarkan data nilai post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata akhir dari kelas eksperimen adalah 75 dan kelas kontrol 64,5. Sehingga analisis uji kesamaan rata-rata akhir atau post test dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari t_hitung = 4,004. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan t_tabel = 1,688. Karena t_hitung > t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang pembelajarannya menggunakan metode SAS tema kegiatanku berpengaruh atau lebih baik dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional tanpa metode SAS pada kemampuan membaca. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Struktural Analitik Sintetik (SAS); Kemampuan membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:35
Last Modified: 29 May 2021 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics