Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas 3 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang

Putri, Serly Ade Kurnia (2019) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas 3 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096105 SERLY ADE KURNIA PUTRI.pdf]
Preview
Text
1403096105 SERLY ADE KURNIA PUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MI Miftakhul Akhlaqiyah yang hampir disetiap pembelajarannya menggunkan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, karena peserta didik hanya mendengarkan guru ketika memberikan materi sehingga peserta didik tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini pula yang menyebabkan peserta didik kurang bisa menggali potensinya dalam kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh model membelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 54, dengan kelas III A yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan model Cooperative Script adalah 83,85 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 74,44. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 4,65 dan ttabel = 1,67 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata – rata hasil kelas eksperimen dan rata – rata hasil kelas kontrol dengan pengaruh variabel (X) model pembelajaran Cooperative Script terhadap variabel (Y) kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang sebesar 49,59%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Script; Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Jul 2019 00:45
Last Modified: 29 May 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics