Pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran fiqih kelas III di MI Nashrul Fajar Meteseh Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018
Nasikhah, Durotun (2019) Pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran fiqih kelas III di MI Nashrul Fajar Meteseh Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Untitled.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas III di MI Nashrul Fajar Meteseh Kota Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research. Bentuk field research dalam penelitian ini yaitu true field research (benar benar penelitian lapangan) jenis “posttest only control design” pengujian hipotesis hanya menggunakan nilai angket. Dalam penelitian ini terdapat 4 kelas. Kelas III terdiri dari 116 siswa, setiap kelas terdiri dari 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas III A.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama siswa kelas
Lembaga pendidikan yang disebut Madrasah Ibtidaiyah adalah madrasah dengan ciri agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama. Di Madrasah Ibtidaiyyah diajarkan sejumlah mata pelajaran untuk mencapai tujuan kurikuler. Salah satu mata pelajaran itu adalah Fiqih. Tujuan mata pelajaran Fiqih yang tercantum di dalam GBPP Madrasah Tsanawiyah itu antara lain mengacu pada tujuan tersebut, maka perilaku dan amalan harus merupakan cerminan dari keimanannya, artinya semua amalan dan perilakunya akan dipertanggungjawabkan kepada Allah. Amalan dan perilaku ini dapat tercapai jika mata pelajaran tersebut berhasil.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian lapangan merupakan suatu penelitian untuk memperolah data-data yang sebenarnya terjadi di lapangan. Sedangkan bersifat kuantitatif berarti menekankan analisis pada data numerikal (angka) yang diperoleh dengan metode statistik.
Dalam mengumpulkan data mengenai media komik dan minat belajar siswa, penulis menggunakan pendekatan studi lapangan atau Field Research. Penelitian ini dipergunakan untuk memperoleh data kongkrit yang terjadi di lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode Observasi, Angket, wawancara dan Dokumentasi.
Dalam menganalisis data yang telah terkumpul dari hasil penelitian, kemudian penulis menganalisis dengan analisis kuantitatif/analisis data statistik dengan Analisis Pendahuluan, Analisis Uji Hipotesis dan Analisis Lanjut.
Sejumlah 29 anak didik telah kami jadikan sampel dalam penelitian ini. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Dari hasil penelitian yang penulis buat, pengaruh media komik terhadap minat belajar siswa kelas IIIA mata pelajaran Fiqih di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang semarang tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari besarnya rhitung= 0,54 dan rtabel dengan signifikansi 5% = 0.367, dan hasil analisis product moment dilanjutkan dengan analisis lanjutan yakni Analisis Varians Regresi Sederhana, hasil dari Fhitung adalah 11,306. Dan nilai Ftabel 5% signifikansi yakni 4,21 karena jumlah sampel 29 dan nilai Variabel 1. Ini berarti pengaruh media komik akhlak berpengaruh besar terhadap minat belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan yaitu ”ada pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih kelas III di MI Nashrul Fajar Meteseh kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Komik; Minat belajar; Fiqih; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 00:49 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9793 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year