Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn pada Materi Pokok Sistem Pemerintahan Pusat Kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun 2011/2012
Akhbar, Nirza (2012) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn pada Materi Pokok Sistem Pemerintahan Pusat Kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911044_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (907kB) | Preview
083911044_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
083911044_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (213kB) | Preview
083911044_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
083911044_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
083911044_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
083911044_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental berdesain “True Experimental Desaign”, dilaksanakan pada kelas IV MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 anak, dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 anak. Sedangkan yang menjadi kelas uji coba adalah kelas IV C dengan jumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama-nama peserta didik kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2011/2012 Patebon. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada sub pokok bahasan Sistem pemerintahan Pusat. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Dari perhitungan uji normalitas kelas eksperimen diperoleh 〖〖 χ〗^2〗_hitung=5,86202 < 〖〖 χ〗^2〗_tabel=9.4877, sehingga berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol diperoleh 〖〖 χ〗^2〗_hitung=6,15903< 〖〖 χ〗^2〗_tabel=9.4877, sehingga data hasil penelitian tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh F_hitung=1,771 dan〖 F〗_tabel=2.06 dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Sedangkan pada uji kesamaan dua rata-rata diperoleh F_hitung=0,55 dan〖 F〗_tabel=2.06, Sehingga di ketahui F_hitung=0,55 dan〖 F〗_tabel=2.06. Berdasarkan uji persamaan dua rata-rata (uji t) kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan.
Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbadaan dua rata-rata. Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh 〖〖 χ〗^2〗_hitung=4,24431 < 〖〖 χ〗^2〗_tabel=9.49, sedangkan kelas kontrol diperoleh 〖〖 χ〗^2〗_hitung=8.145 < 〖〖 χ〗^2〗_tabel=11,07, jadi hasil penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk perhitungan homogenitas diperoleh F_hitung=1,38 dan〖 F〗_tabel=2.06, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Kemudian untuk uji perbedaan dua rata-rata diketahui besarnya 〖 t〗_hitung=6,33>t_tabel=1,6802 dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 79 dan besarnya rata-rata kelas kontrol adalah 63,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD (Student Team Achievment Division); Hasil Belajar; Pkn; Sistem Pemerintahan Pusat |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 323 Civil and political rights 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 07:52 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 07:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year