Pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis di MTs Darul Amanah

Nashoba, Dina Rodzita (2019) Pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis di MTs Darul Amanah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis di MTs Darul Amanah. Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan di MTs Darul Amanah pada kelas VII yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini berdasarkan keterangan dari guru tentang hasil ulangan materi himpunan. MTs Darul Amanah mempunyai sistem pembelajaran berbeda, dengan memisahkan siswa laki-laki dan perempuan ke dalam kelas berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis di MTs Darul Amanah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode survei. Sampel penelitian ini adalah kelas laki-laki VII A dan kelas perempuan VII N yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes kemudian dianalisis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA).
Hasil dari penelitian ini tidak ada pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis di MTs Darul Amanah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 1,049 dan Ftabel =F(0,05;1;56) = 4,013 Karena Fhitung < Ftabel yaitu 1, 049 < 4,013, maka H0 diterima sehingga tidak ada pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi himpunan yang dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis di MTs Darul Amanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gender; Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan berpikir kritis; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:30
Last Modified: 15 Jul 2021 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9889

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics