Pengembangan modul matematika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Zulfa, Nafa Indana (2019) Pengembangan modul matematika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (27MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertunjuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Brangsong. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan empat tahap yaitu : 1) Analysis (Analisis Kebutuhan), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas IX-A sebanyak 32 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan modul dinyatakan melalui validasi para ahli, angket respon guru, angket respon siswa, dan hasil peningkatan pembelajaran. Berdasarkan validasi ahli memperoleh kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,36. Berdasarkan hasil respon siswa memperoleh kriteria praktis dengan rata-rata nilai 3,15, dan hasil repon guru memperoleh kriteria praktis dengan rata-rata nilai 3,25. Sedangkan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabbel yaitu 10,047 > 1,696 . Hal ini menunjukan bahwa modul matematika berbasis guided inquiry efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat meningkat karena siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mendapatkan pengalaman belajar untuk menemukan konsep bangun ruang sisi datar melalui pemahaman yang dibangunnya sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Guided inquiry; Berpikir kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ricky Dwi Kurnianto |
Date Deposited: | 27 Jul 2019 03:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2019 03:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9895 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year