Pengembangan modul pembelajaran fisika kelas XI SMA/MA berbasis guided inquiry pada materi alat-alat optik

Azizah, Lutfita Mukharovatun (2019) Pengembangan modul pembelajaran fisika kelas XI SMA/MA berbasis guided inquiry pada materi alat-alat optik. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (56MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang paling penting untuk mengembangkan sumber daya manusia, hal senada juga merupakan bagian terpenting di sekolah Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Jepara tapi, realitanya kegiatan pembelajaran lebih didominasi dengan menggunakan metode ceramah yang lebih terpusat pada guru, agar pembelajaran secara efektif dan efisien maka perlu ada perubahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis guided inquiry pada materi alat-alat optik dan untuk menguji efektivitas pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis guided inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) mengacu pada model Borg and Gall (1983) yang dimodifikasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil uju kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis guided inquiry pada matei alat-alat optik layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran fisika dengan persentase skor kelayakan sebesar 87,27% untuk materi dan 91,67% untuk desain modul. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan efektif digunakan. Modul fisika berbasis guided inquiry pada materi Alat-alat Optik yang telah dikembangkan dinyatakan efektif, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji gain sebesar 0,519 yang berkriteria peningkatan sedang, sehingga dapat disimpulkan penelitian pengembangan modul berbasis quided inquiry dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran Fisika; Guided inquiry; Alat-alat optik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:13
Last Modified: 01 Aug 2019 08:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9904

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics